Rambu dan Cita Perangkai Kata


tumblr_mxokw6AFQ61ro96v1o1_250

Assalamualaikum, chingudeul!

Udah lama aku gak post. Aku balik pun tak memberikan torehan sebuah karya. Tapi aku kembali menjadi seorang yang mungkin sedikit berbeda jeng jeng/ Sok puitis gini gue. BIasanya juga emot betebaran dan kata-kata baper lainnya. Huft, maklum kelas 11 SMA. Eh cuit cuit.

Udah gede loh.

OMCIA! OMCIA! Apasih OMCIA? fanfic aku yang gaje itu ya hem. Yang gakjelas pesan moralnya apa? hahaha. Seiring aku beranjak dewasa (em iya bahasa gue). Aku mulai menyadari sebuah rambu dan sebuah cita. Apa itu rambu? Aturan. (yaiyalah emang buah?) (et gak lucu dah-_-)

Apa itu cita? tujuan. impian.

Sebagai seorang penulis. Penulis yang berkualitas tentunya. Mereka harus memiliki rambu rambu yang tidak boleh mereka langgar. Layaknya UUD, Hadits, Perjanjian, Al Quran, dsb. Lagi-lagi karena pikiranku sudah mulai terbuka dan dewasa. Cielah. Ya gitudeh. Aku mulai berfikir. Aku mulai meragukan dengan apa yang aku tulis selama ini. Apa ada manfaatnya?

tidak.

Meningkatkan semangat meraih cita-cita? menyisihkan sebuah pesan? Pesan moral maksudnye._. kurang banyak eh pesan moralnya. Yaudah disini sasa mau jujur jujuran ajadeh ya. Sasa tuh takut ntar apa yang sasa tulis harus dipertanggung jawabkan di akhirat. Mengapa aku begitu takut akan hal ini? karena akhirat ini beneran ada, dan sanksinya adalah diberi hukuman. Apa hukuman itu? sakit. Apa hukuman itu? sakit dan tak terbatas. Sampai kapan dihukum? Tergantung mau-Nya. Masalahnya adalah/// tiap aku ngecek email, cukucuck kucuk dateng baca omcia. Cukukucuck komentar. Cukucuck like. Aduh semakin banyak saksi gue tuh. Menyeramkan. Seakan kesaksian mengalir kayak air. Satu satunya ff yang menurut aku kurang berpendidikan hahhaaha (omcia). Serius loh, mana ada karangan fanfic oleh seorang kelas 2 SMP memuat hal yang berbau pendidikan? no way. Otakku di zaman itu gak suka mikir yang berat-berat.

Menurut kalian itu ff agak bermutu gak sih? Atau cuma ff yang gak ada moralnya sama sekali? Sungguh aku merasa gak nyaman banget lho. Cobadeh kalian searching di google. “Hukum mengarang cerita fiksi”. Disitu ada ketentuannya. Dan oh! jeng jeng! Kukira aku melanggar salah satu rambu. Dipertanggung jawabkankah? IYA. Walau itu seberat biji sawi yang gue gaktau gimana bentuknya tuh biji sawi. Tetep kena cambuk gue. Mati dah. Nyalurin hobi malah dapet petaka. Nasip nasip…

Itu mengapa manusia beda sama binatang. Ada rambunya/. Walaupun rambu kadang bikin paleng juga sih *elap keringet*.

Anyway! Aku udah bilang ke beberapa orang aku takkan mengetik fanfic dengan genre kurang berpesan moral seperti sebelumnya. Kayak cerita yang cuma cinta cintaan gtgt. Pasti ntar gue tambahin lah bumbu bumbu pesan moral, lyke pendidikan, agama, sopan santun. AZEEK. Langsung sepi pengunjung blog gue.

Tapi gakpapa. Yang penting gak nyalahin rambu.

Tapi EH banyak loh author yang nulis fanfic genre berpesan moral gtgt tapi masih banyak yang minat. Kayak kak Bril, kagumku dengannya wow top dah :’) Tapi diamah emang amazing gitu. Bahasanya gak nahan. *berdehem*

Ya, banyak yang nanya ke aku entah di facebook, ask.fm. Kok gak nulis ff lagi? kok di private blognya? Kak! omcianya di published-in lagi dong belum baca nih:(

TAPI AKU MASIH RAGUUUU

Itu fanfic pesan moralnya bagus gak sih? Ini bener bener dilema . Tolong siapapun bantu aku dan berikan saran. Soalnya rambu seorang penulis adalah; tulisannya membawa manfaat. Kemudian cita dari seorang penulis adalah; memotivasi.

“Karena Allah itu tidak buta, tuli, dan bisu”

6 comments

  1. Waalaikumsalam~
    Ff kamu ada pesan moralnya kok, setidaknya sifatnya leera kan banyak tuh yg bisa dicontoh baiknya kek sabar, setia gt. Itukan jg mengandung pesan moral. Mengibur. Membuat hati orang lain senang itu pahala loh😀
    Saranku dilanjutin aja Omcia nya. Tapi pesan moralnya lebih dibanyakin lagi😀 terutama jonginnya-,-
    Sekian~
    Wassalamualaikum.wr.wb
    Sasa fighting!! Never give up!

    1. terimakasih! Febby aku seneng banget ada yang ngerespon postingan ini hehe. Iya sebenarnya aku ingin bkin banyak pesan moralnya, tapi di cerita itu juga disandingkan hal-hal yang negatif juga jadinya masih bimbang, takut reader malah fokus ke yang negatif dan mencontohkannya aduh wkwk. jd sasa belum mau melanjutkan. lagipula omcia sudah tamat kok feb😀

  2. Ada kok ada.. :”v dan itu menurut ku bagus, contoh: kai-leera yang satu apartemen tapi mereka bisa jaga diri dan gak sentuh-sentuhan. Dan aku rasa kesan negatif di ff itu ga terlalu kentara (paling yg kai-leera satu apartemen padahal mereka lawan jenis) sama leera yg kehidupannya agak hebring, yang menurut ku merupakan sebuah penyedap dalam ff. Aduu aku harus apa biar omcia kamu lanjutin :’v karna jujur, aku terhibur banget sama cerita itu. Dan kau pasti tau kan? Menghibur orang lain itu bisa dapat pahala :’v dan itu manfaat kamu menulis ff itu. kalau kamu emang ragu, nanti kamu selipin aja hal2 positif didalam ceritanya. Dan plisss lanjutkan :’v *maksa*

  3. Wa’alaikum salam
    kaa, menurut aku ff OMCIA itu keren tau.. dan pesan moralnya jg ada!! Dari ff ini aku nyimpulin gmn sifat Leera dan Kai yg bisa aku tiru dan ngga.. sbnernya tergantung pembaca jg sih, gmn cara mereka ngambil sisi positif dan ngebuang yg negatifnya. Setiap cerita dibuat pasti ada tujuannya kan?😉
    Dan jg ada satu kutipan yg aku save :3 “Tidak usah memikirkan yang tidak perlu. Pikirkanlah urusanmu sendiri dan jangan pikirkan sesuatu yang bisa menjatuhkanmu. – OMCIA Kim Jongin” uhhh aku seneng kutipan itu😀 ya walaupun sbnernya itu ga sepenuhnya bner tp aku suka kutipan itu *apasih -,-
    Btw ff kaka yg di wattpad dihapus ya? Aku cari tp ga ada T^T Dan folder aku hilang😥 aku nyimpen ff OMCIA dari S1-S2 plus yg spesial episode itu >,o,< *maksa*

  4. Iyasih mending gausah dilanjut, tp pokoknya jgn berhenti berkarya yaa:D aku suka gt kalo baca ff km, apalagi kalo cast nya kai :3 kwkw jujur stelah baca omcia aku makin cwinta sama kkamjong:v kkkk
    Oke sekian~

Kritik dan Saran ?

